Sunday, June 17, 2012

PR 6 (terakhir) Kuliah IR

Kepada Mahasiswa peserta IR yang budiman
silakan dikerjakan PR terakhir berikut, semoga bisa menambah pemahaman terhadap bahan kuliah, dan juga persiapan untuk UAS.


TUGAS 6
KULIAH INFORMATION RETRIEVAL
Dosen : Surya Agustian, S.T., M.Kom.

Dikerjakan oleh setiap mahasiswa secara pribadi, setiap mahasiswa melakukan analisis sendiri-sendiri. Dikumpulkan hari: Kamis, 21 Mei 2012, Sebelum UAS dimulai.

1.       Gunakan salah satu search engine yang biasa anda pakai,  untuk pengujian CLIR (cross language IR)  menggunakan terjemahan dari google translate. Kita akan mencari topik dalam bahasa Indonesia dengan kueri bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
a.       Lakukan pencarian terhadap kueri pendek bahasa Inggris (yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia) dan Indonesia berikut ini:
English : Information retrieval (terjemahkan terlebih dahulu)
Indonesia: temu kembali informasi
Perhatikan hasil pencarian kedua kueri, capture hasil pencariannya, dan catat tingkat relevansinya dengan topik/masalah pencarian tersebut pada halaman 1 hasil pencarian saja. (penentuan relevan atau tidak sangat subjektif, tuliskan alasan anda menyatakan ia relevan atau tidak relevan)
b.      Bandingkan hasil pencarian (precision dan recall) menggunakan kueri berbahasa Indonesia, dan kueri hasil terjemahan bahasa Indonesia dari bahasa Inggris di atas.
c.       Perbandingan dibuat dalam bentuk grafik precision terhadap recall pada 10 titik.
d.      Apakah kesimpulan anda tentang penggunaan kueri pendek dalam CLIR di atas? Mana yang lebih baik menggunakan kueri bahasa Indonesia atau kueri bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk koleksi dokumen berbahasa Indonesia?

2.       Lakukan pengujian kueri panjang untuk pengujian CLIR (cross language IR)  menggunakan terjemahan dari google translate seperti soal nomor 1, untuk topik berikut:
English : number one information retrieval machine in the world  (terjemahkan terlebih dahulu)
Indonesia: mesin temu kembali informasi nomor satu di dunia
Buat analisa seperti soal nomor 1.

No comments:

Post a Comment